TOURISM QUIZ COMPETITION
Download the Term of References (TOR) of the competition
KOMPETISI KHUSUS
Tourism Quiz Competition
Tourism Quiz Competition merupakan kompetisi merupakan kompetisi adu wawasan dan ketangkasan dalam menjawab pertanyaan secara cepat dan tepat pada ruang lingkup pariwisata. Penyelenggaraan Tourism Quiz Competition tahun ini bertemakan “Tourism Global Destination ” Yang menguji wawasan mahasiswa akan pengetahuannya terkait berbagai aspek pariwisata, khususnya budaya, kuliner, praktik wisata yang berkelanjutan.
Jumlah sesi : 3 Sesi (Penyisihan, Semifinal, dan Final)
Tempat : Politeknik Negeri Bandung
Narahubung : + 62 821 1983 1720 A.N Beshara Armuthia Maryam
Live review : 7 Mei 2025
Ketentuan Umum
Peserta merupakan Jurusan Pariwisata dengan jenjang D1 s/d S1 yang masih aktif dan wajib melampirkan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM)/Surat Keterangan Mahasiswa (SKM);
Peserta dilarang mencantumkan, mengenakan, dan menampilkan identitas asal institusi seperti logo, bendera, seragam, jas almamater, inisial institusi dalam bentuk apapun di dalam hasil karya dan saat kompetisi berlangsung;
Setiap tim wajib melakukan registrasi/pendaftaran pada link yang telah disediakan di
website resmi KPI (kpi.polban.ac.id), paling lambat tanggal: 19 April 2025
Setiap perguruan tinggi diperbolehkan mengirim lebih dari satu tim perwakilan (maksimal 3 tim perwakilan)
Perwakilan tim peserta wajib bergabung dalam whatsapp group;
Peserta wajib mengikuti technical meeting secara daring pada tanggal 25 April 2025 melalui platform yang disediakan oleh panitia;
Peserta diwajibkan menghadiri pembukaan dan penutupan secara luring yang bertempat di Politeknik Negeri Bandung, jika peserta berhalangan hadir maka dapat mengikuti secara daring melalui streaming YouTube KPI 15;
Peserta hanya diperbolehkan mengenakan dan menampilkan identitas asal institusi pada saat penutupan atau awarding;
Peserta wajib hadir 60 menit sebelum acara dimulai;
Ketentuan Khusus
Kompetisi merupakan kelompok dengan 1 (satu) tim terdiri dari 3 (tiga) orang peserta dari institusi yang sama;
Kelompok yang tidak dapat menghadiri kompetisi dinyatakan kalah atau didiskualifikasi;
Setiap peserta diwajibkan mengenakan pakaian batik (bukan batik kampus) saat pelaksanaan kompetisi;
Lomba terdiri dari 3 (tiga) sesi yang terdiri dari penyisihan, semifinal dan final.
Peserta yang telah mendaftar dianggap menerima dan menyetujui ketentuan perlombaan;
Pertanyaan yang diberikan mencakup seluruh ilmu kepariwisataan baik nasional maupun Internasional, mengenai;
Travel
Culture
Hospitality
Tourism Destinations Attractions
Tourism trends
Terminology (Internasional)
Landmark (Internasional)
Dengan tingkat kesulitan yang terbagi ke dalam;
General Knowledge in tourism
Tourism Issue
Specific Knowledge about sustainable tourism
Peserta tidak diperbolehkan melihat catatan ataupun buku saat kompetisi berlangsung;
Kendala menjawab yang terjadi karena aspek personal tidak dapat mengganggu jalannya perlombaan;
Keputusan yang dihasilkan dalam perlombaan bersifat mutlak, mengikat, dan tidak dapat diganggu gugat, serta tidak ada dispensasi dalam bentuk apapun;
Peserta yang sudah mendaftar dianggap menerima dan menyetujui peraturan selama perlombaan;
Grup yang mendapatkan skor/nilai tertinggi akan masuk ke babak berikutnya;
Ketentuan Suporter Peserta
Peserta diperkenankan untuk membawa 5 suporter (1 dosen pembimbing, 4 mahasiswa) dengan syarat suporter harus mematuhi peraturan sebagai berikut:
Suporter wajib mendukung timnya dengan cara yang sopan tanpa menggunakan kata-kata yang dapat memicu keributan/perkelahian serta tidak melakukan tindak kekerasan;
Suporter wajib menjunjung tinggi sportivitas dan solidaritas antar suporter lain;
Suporter dilarang memberikan jawaban dalam bentuk apapun kepada peserta lomba;
Suporter dilarang melakukan tindakan tidak terpuji kepada kelompok lain (menghina, mengejek, mencela, dsb);
Suporter diwajibkan menjaga perilaku selama perlombaan berlangsung, dengan menjaga sopan santun dan menjunjung sportivitas;
Bagi yang tidak mematuhi peraturan ini, suporter akan dikeluarkan dan peserta lomba akan didiskualifikasi.
Teknis Kompetisi
Kompetisi ini dilaksanakan pada hari kedua pada tanggal 7 Mei 2025 ;
Peserta hadir di lokasi paling lambat 45 menit sebelum kompetisi dimulai untuk melakukan persiapan;
Kompetisi ini terdiri dari tiga babak dengan teknis sebagai berikut:
Babak Penyisihan :
a. Babak ini merebutkan kursi semifinal;
b. Kompetisi ini akan berlangsung selama 5 babak untuk memperebutkan kuota ke semifinal;
c. Di babak 1-4, dua tim dengan poin tertinggi di setiap babak akan melaju ke semifinal dan peserta yang gugur bisa terus memperebutkan kuota di babak selanjutnya. Di babak terakhir, 1 tim dengan poin tertinggi akan masuk ke semifinal;
d. Kuis dilakukan dengan menggunakan komputer melalui platform online secara realtime dan serentak di ruangan yang disediakan oleh panitia (peserta diwajibkan membawa laptop sendiri);
e. Soal terdiri dari 1 (satu) set soal berisi pertanyaan 40 butir;
f. Soal harus diselesaikan dalam waktu yang ditentukan oleh panitia tiap sesinya;
g. Metode pengerjaan soal serentak dengan alternatif pilihan berganda dan true or false tanpa sistem pengurangan nilai;
h. Peserta diharuskan menjawab seluruh pertanyaan dengan tepat dan cepat untuk mendapatkan nilai tertinggi;
i. Generating score dilakukan secara otomatis oleh sistem;
j. Setiap peserta akan diawasi oleh dewan pengawas untuk kelancaran proses penyisihan yang jujur.
Babak Semifinal :
a. Babak ini merebutkan kursi final;
b. Babak ini dilaksanakan dengan sistem 3 sesi, setiap sesi akan berisi 3 tim yang setiap sesinya 1 tim dengan poin tertinggi akan maju ke final;
c. Peserta diperbolehkan menjawab ketika sudah dipersilahkan moderator;
d. Setiap tim akan diberikan kesempatan secara bergantian memilih soal yang tertera di layar;
e. Tersedia 5 kategori soal, masing-masing berisi 10 soal untuk dipilih peserta;
f. Pertanyaan terdiri dari berbagai jenis soal;
g. Setiap tim akan diberi waktu untuk menjawab soal dengan cepat;
h. 3 Tim dengan poin tertinggi akan maju ke babak selanjutnya;
i. Metode yang digunakan yaitu true or false, jawaban singkat, spelling, dan pilihan ganda.
Babak final :
a. Babak ini dilaksanakan dengan sistem memilih soal langsung yang tertera di layar;
b. Terdapat 2 sesi soal, sesi 1 tersedia 5 kategori soal, masing-masing berisi 15 soal untuk dipilih peserta, sesi 2 soal dipilih berdasarkan peta buta di layar;
c. Peserta diperbolehkan menjawab ketika sudah dipersilahkan moderator;
d. 3 (Tiga) tim finalis dengan memperebutkan posisi juara 1, juara 2 dan juara 3
e. Pada babak final ini memiliki aturan pengurangan poin sebagai berikut:
Jika tim menjawab benar maka akan mendapat poin sesuai bobot nilai soal
Jika tim menjawab salah maka akan mengurangi poin sesuai bobot nilai soal
f. Metode yang digunakan yaitu jawaban singkat, spelling, true or false;
4. Keputusan dalam kompetisi bersifat mutlak dan tidak bisa diganggu gugat.
Pelanggaran
Peserta yang telah terdaftar tidak boleh digantikan dengan alasan apapun;
Dilarang mengganggu peserta lain selama kompetisi berlangsung;
Peserta yang mencantumkan, menggunakan, menampilkan identitas asal institusi seperti logo, bendera, seragam, jas almamater, inisial institusi dalam bentuk apapun, mengganggu jalannya lomba, berbuat curang, mengganggu keamanan dan keselamatan peserta lain, maka akan didiskualifikasi;
Peserta yang terbukti melakukan kecurangan dalam bentuk apapun akan didiskualifikasi (menggunakan alat bantu dalam jenis apapun, seperti: gawai, earphone, membawa catatan, dsb.);
Peserta yang terbukti melakukan kecurangan dengan dibantu oleh suporter akan didiskualifikasi;
Apabila peserta tidak hadir atau terlambat tanpa konfirmasi kepada panitia pada hari pelaksanaan maka peserta dianggap mengundurkan diri.