Vlog
VLOG COMPETITION
Download the Term of References (TOR) of the competition
KOMPETISI UMUM
Vlog
Vlog atau “video blog” merupakan suatu bentuk kegiatan blogging dengan menggunakan media video yang dapat menyampaikan pengetahuan dan informasi dengan penggunaan teks atau sound sebagai sumber media. melalui kompetisi ini peserta dapat memberikan pengetahuan mengenai destinasi wisata yang dikunjungi dengan video yang dikemas kreatif, detail dan lebih informatif dengan mengangkat konsep sustainable tourism yang khususnya mengedepankan lingkungan yang kreatif pada tempat wisata, dengan cara melakukan digital storytelling. Kompetisi ini mengangkat tema “Creative Green Living” dimana para peserta mengambil sebuah cuplikan pada sebuah destinasi wisata yang mengedepankan/melestarikan lingkungan yang kreatif, dan memberikan edukasi dan wawasan tentang daya tarik yang dimiliki oleh tempat wisata tersebut.
Durasi : Maks. 8 menit
Tempat : Daring (Google Classroom)
Narahubung : +62 857-938-440-11 (Rinjani Septiani Putri)
Deadline : 18 Maret 2024 (Early Bird)
03 April 2024 (Batch 1)
30 April 2024 (Batch 2)
Desk Review : 04 - 10 Mei 2024
Ketentuan umum
Peserta merupakan mahasiswa/mahasiswi dari Perguruan Tinggi Nasional;
Peserta merupakan dari semua jurusan dengan jenjang D1 s/d S1 yang masih aktif dan wajib melampirkan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM)/Surat Keterangan Mahasiswa (SKM);
Peserta dilarang mencantumkan, mengenakan, dan menampilkan identitas asal institusi seperti logo, bendera, seragam, jas almamater, inisial institusi dalam bentuk apapun di dalam hasil karya dan saat kompetisi berlangsung;
Peserta wajib melakukan registrasi/pendaftaran pada link yang telah disediakan di website resmi KPI (kpi.polban.ac.id);
Early Bird (05 - 11 Maret 2024)
Batch 1 (15 - 22 Maret 2024)
Batch 2 (28 Maret - 30 April 2024)
Setiap perguruan tinggi diperbolehkan mengirim lebih dari 1 orang perwakilan (maksimal 3 orang perwakilan);
Peserta wajib bergabung dalam whatsapp group;
Peserta diwajibkan menghadiri pembukaan dan penutupan secara luring yang bertempat di venue utama Pendopo Tonny Soewandito Politeknik Negeri Bandung, jika peserta berhalangan hadir maka dapat mengikuti secara daring melalui streaming YouTube KPI 14;
Peserta hanya diperbolehkan mengenakan dan menampilkan identitas asal institusi pada saat penutupan atau awarding;
Keputusan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
Ketentuan khusus
Kompetisi merupakan kategori individu atau perorangan;
Vlog adalah hasil karya orisinil ilmiah peserta yang belum pernah dipublikasikan sebelumnya di media manapun, belum pernah diikutsertakan dalam perlombaan sejenis dan tidak pernah digunakan untuk media komunikasi apapun yang dinyatakan dalam lembar pernyataan orisinalitas karya yang ditandatangani diatas materai 10.000;
Media pengambilan video diperbolehkan menggunakan berbagai jenis kamera video ataupun menggunakan kamera handphone;
Konten yang dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjaga lingkungan dan membuat audience tertarik untuk mengunjungi destinasi tersebut;
Merupakan program media atau video dengan konten kreatif untuk platform youtube;
Peserta diperbolehkan menggunakan konten pendukung dari pihak lain seperti gambar, urutan video, musik, dan lain lain. tanpa mempengaruhi elemen hak cipta karya;
Panitia tidak bertanggung jawab atas pelanggaran hak cipta apa pun yang dilakukan oleh peserta mengenai penggunaan konten pendukung dalam video yang diperoleh dari pihak ketiga;
Membuat surat pernyataan bahwa karya yang diikutsertakan merupakan hasil karya asli dan milik sendiri dan belum diikutsertakan dalam kompetisi apapun;
Karya video diperbolehkan diedit semenarik mungkin tanpa mengubah konten video utama;
Merupakan akun pribadi dan bukan akun rekayasa atau bisnis;
Video tidak boleh mengandung kekerasan, pornografi, SARA, dan illegal content.
Teknis Kompetisi
Kompetisi dilaksanakan secara online/daring;
Durasi minimal 5 menit dan maksimal 8 menit;
Video harus memuat:
Teks atau informasi yang menunjukan bahwa video tersebut disertakan dalam KPI 14;
Close Caption (CC) menggunakan Bahasa Indonesia;
Logo/watermark KPI 14 harus ada di video, dan;
Credit title atau nama peserta dan pihak-pihak pendukung selama pembuatan video (credits)
Pengumpulan karya diunggah ke dalam youtube pribadi Video beresolusi minimal 720x1280 pixel dengan rasio 16:9 (landscape);
Pemberian judul YouTube disesuaikan dengan tema dan konsep yang dibuat;
Video wajib menampilkan wajah peserta;
Link YouTube dikumpulkan pada google classroom yang telah disediakan oleh panitia;
Batas akhir pengiriman file disesuaikan dengan kategori kompetisi yaitu:
18 Maret 2024 (Early Bird)
03 April 2024 (Batch 1)
30 April 2024 (Batch 2)
Video diupload dengan menyertakan hashtag:
#KompetisiPariwisataIndonesia14
#BeResponsibleforSustainableTourism
#SustainableTourism
#Travelvlog
Peserta akan dianggap GUGUR apabila terlambat mengumpulkan link karya sesuai dengan batas waktu yang telah ditentukan.
Pelanggaran
Peserta yang mengambil serta menjiplak/meniru karya orang lain yang sudah dibuat akan didiskualifikasi;
Peserta yang telah terdaftar tidak boleh digantikan dengan alasan apapun;
Peserta yang terlambat memberikan karyanya tanpa penjelasan yang logis dinyatakan gugur;
Dilarang mengganggu peserta lain selama kompetisi berlangsung;
Video dan media presentasi yang melanggar unsur SARA dan pornografi akan didiskualifikasi sebelum, selama, dan setelah penjurian berlangsung;
Peserta yang mencantumkan, menggunakan, menampilkan identitas asal institusi seperti logo, bendera, seragam, jas almamater, inisial institusi dalam bentuk apapun, mengganggu jalannya lomba, berbuat curang, mengganggu keamanan dan keselamatan peserta lain, maka akan didiskualifikasi. Peserta yang dikenakan sanksi tersebut dianggap gugur dan tidak mendapatkan pengembalian biaya;
Apabila peserta tidak hadir atau terlambat tanpa konfirmasi kepada panitia pada hari pelaksanaan maka peserta dianggap mengundurkan diri.